Jumat, 16 Desember 2011

BNI Kembangkan Kampoeng BNI di Solok

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus mengembangkan sentra usaha kecil, dengan konsep Kampoeng BNI. Caranya, menyalurkan pembiayaan dan pembinaan kepada kelompok usaha sejenis secara cluster di suatu daerah.
Kali ini Kampoeng BNI bertempat di Desa Payo, Solok, Sumatera Barat, yakni sentra produksi jagung.
BNI bekerja sama dengan PT Citra Nusantara Mandiri (CNM), nasabah BNI yang menjadi bapak angkat dari 107 petani jagung. Siaran pers BNI hari ini menyebutkan, BNI telah menyalurkan fasilitas pembiayaan berupa kredit kemitraan sebesar Rp 1,1 miliar dengan luas lahan pertanian jagung 76,5 hektar.
Kampoeng BNI ini diresmikan pada Jumat (16/12/2011) oleh Menteri Pertanian Suswono, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan Direktur Utama BNI Gatot M Suwono.
"Penyaluran kredit program kemitraan melalui kelompok usaha seperti ini, memiliki banyak kelebihan dan keunggulan," kata Gatot.
Keunggulan itu di antaranya lebih efektif dalam penyaluran dan lebih mudah dalam pengawasan. Selain itu, lebih mudah dalam pembinaan.
Saat ini, sudah ada sejumlah Kampoeng BNI, yakni di Subang (Jawa Barat), Imogiri (Yogyakarta), Ciamis (Jawa Barat), Ogan Ilir (Sumatera Selatan), Lumajang (Jawa Timur), Lamongan (Jawa Timur), dan Kamasan-Klungkung (Bali).

Sumber : kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar